Apa sih yang dimaksud mata uang kripto?

dedenf
Written by dedenf on
Apa sih yang dimaksud mata uang kripto?

Pengertian dasar dan juga definisi yang ada didalam dunia kripto, kenapa diciptakan dan update blog ini ke depan.

Saat ini pasti banyak yang sering mendengar kata-kata kripto, uang kripto, menambang kripto, trading kripto? memang kripto sedang naik daun, terlebih ketika pandemi covid-19 ini terjadi, orang-orang banyak yang ada di rumah, dan untuk mengisi waktu, orang banyak yang beralih menjadi trader, baik trading saham atau juga trading mata uang kripto.

Saat ini banyak sekali mata uang kripto yang dijual, mungkin lebih dari ratusan juta jenis, ada yang dihargai mahal sekali, ada yang murah, bahkan ada yang tidak berharga sama sekali jika dibandingkan dengan mata uang rupiah (atau dollar, atau mata uang negara manapun), dan tidak semua kripto bisa diperjual belikan, dan jikapun bisa diperjual belikan, tidak serta merta bursa kripto yang kita memiliki akunnya menjual mata uang kripto (untuk ke depan akan disebut koin saja) tersebut.

Untuk bicara sejarah sepertinya akan menjadi panjang, tapi akan dicoba menjelaskan kenapa ada dan dibuat mata uang kripto ini?

Kenapa diciptakan cryptocurrency?

Mata uang kripto (cryptocurrency), diciptakan karena kebutuhan akan lepasnya dari mata uang konvensional, atau biasa disebut fiat, mata uang yang dikeluarkan masing-masing negara, seperti konsep uang pada umumnya, dibutuhkan “kepercayaan” terhadap suatu bentuk mata uang tersebut, kepercayaan bahwa uang memiliki nilai, nilai yang bisa ditukarkan untuk bentuk yang lain.

Konsep uang ini dibawa juga ke dalam mata uang kripto, dan kepercayaan terhadap kripto jugalah salah satu faktor yang bisa menjadikan uang kripto tersebut memiliki nilai, jika tidak ada kepercayaan, mata uang konvensional hanya akan menjadi kertas biasa, dan mata uang kripto hanya akan menjadi bentuk binary yang hanya komputer yang dapat memahami, tidak ada nilai yang tersimpan di dalamnya.

Hal lain yang menjadikan alasan kenapa mata uang kripto ini ada, karena proses perpindahan uang konvensional memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika antar negara, dan belum lagi kita bergantung pada institusi bank, yang berlaku sebagai penjaga gerbang finansial, konversi antar mata uang yang terkadang membingungkan, bahkan bisa menjadi tidak adil untuk negara yang kurang beruntung, belum lagi jika terjadi pergantian kekuasaan yang bisa berpengaruh terhadap kondisi politik dan ekonomi dari suatu negara.

Di sini mata uang kripto, karena tidak bergantung pada suatu negara, tidak memiliki negara, tidak diatur oleh negara, tidak memiliki institusi yang lebih tinggi yang mengatur kripto, atau biasa disebut desentralisasi.

Penggunaan mata uang kripto

Saat ini tidak banyak yang bisa diaplikasikan, atau menggunakan uang kripto tersebut didalam dunia nyata, ada beberapa yang bisa menerima mata uang kripto, meski hanya terbatas untuk jenis mata uang yang cukup terkenal, seperti Bitcoin atau Etherium.

Sejauh ini, mata uang kripto ini lebih banyak digunakan untuk trading, diperjual belikan di bursa (exchange) yang mana bursa tersebut menyediakan/menjual pasangan (pairing) dari mata uang kripto tersebut dengan mata uang konvensional, misalkan pasangan BTC/IDR, atau pasangan ETH/IDR.

Blog seputarkripto.com ke depan?

Blog ini akan mencoba membahas dunia kripto, bagaimana membeli kripto, bagaimana menjual kripto dan banyak lagi teknologi yang dibangun di atas teknologi kripto ini.

dedenf

dedenf

kripto entusias, membayangkan dunia finansial berbasiskan blockchain, investasi dalam bentuk aset digital.

Comments

comments powered by Disqus